Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : ..............................................
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : II/1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 menit
I. Standar Kompetensi
Menulis
permulaan dengan mendeskripsikan benda disekitar
II. Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan tumbuhan/binatang disekitar secara sederhana dengan bahasa tulis
III. Indikator
- Menuliskan nama – nama tumbuhan atau binatang yang ditentukan
- Menuliskan ciri – ciri tumbuhan atau binatang tertentu
IV. Materi Pokok
Gambar tumbuhan atau binatang
V. Tujuan Pembelajaran
- Siswa dapat menuliskan nama – nama tumbuhan atau binatang yang ditentukan
- Siswa dapat menuliskan ciri – ciri tumbuhan atau binatang tertentu
VI. Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi kelompok
VII. Media Pembelajaran
Gambar, balok – balok yang terbuat dari karton (stacko)
VIII. Langkah - langkah
Pembelajaran
Kegiatan awal
- Guru datang tepat waktu dan membuka pelajaran dengan mengucap salam
- Ketua kelas memimpin doa sesuai dengan kepercayaan masing – masing
- Guru mengisi daftar hadir (absensi)
- Guru memberikan motivasi dan menjelaskan materi yang akan dipelajari
- Guru memberitahu bahwa hari ini akan dibentuk kelompok diskusi (setiap satu kelompok terdiri dari tujuh siswa)
- Guru menginformasikan materi pembelajaran hari ini
Kegiatan Inti
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
- Guru memperlihatkan gambar – gambar tumbuhan dan binatang kepada siswa
- Guru menyebutkan nama tumbuhan dan binatang tersebut
- Guru menjelaskan ciri – ciri pada tumbuhan dan binatang tersebut
2. Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi
:
- Siswa secara berkelompok mendiskusikan tumbuhan dan binatang tertentu
- Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompok
- Siswa menyebutkan nama tumbuhan dan binatang tertentu di depan kelas
- Siswa menjelaskan ciri – ciri tumbuhan dan binatang tertentu di depan kelas
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi :
- Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa
Kegiatan Penutup
- Siswa mengerjakan soal yang ada di buku pendamping
- Siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran
IX. Sumber Pembelajaran
Nuraini, Umri dan
Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia Kelas 2. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hlm. 19
X. Penilaian
Teknik penilaian
|
Bentuk instrumen
|
Instrumen (soal dan kunci
jawaban)
|
Tertulis |
Uraian |
Isian singkat :
Uraian
|
Rubrik Penilaian
No.
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Isian singkat :
Benar
Salah
Uraian :
Menyebutkan
3 ciri – ciri/deskripsi atau lebih
Menyebutkan hanya 2 ciri –
ciri/deskripsi
|
2
0
4 2 |
Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
Catatan :
Nilai = Jumlah skor x 100
|
Jumlah
skor maksimal
Untuk siswa yang
tidak memenuhi syarat penilaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) akan diadakan
remedial
Jakarta, ................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas
NIP : NIP :
NIP : NIP :
Media Pembelajaran
Balok
stacko
Alat dan bahan :
- Gunting
- Lem
- Pensil
- Penggaris
- Kertas karton/asturo
- Kertas HVS
Cara membuat :
- Buat jaring – jaring balok ukuran 14 cm x 4 cm pada kertas karton
- Gunting jaring – jaring tersebut dan bentuk sehingga menjadi balok
- Gambar bintang pada kertas HVS dan tempel pada balok tertentu
- Balok yang terdapat gambar bintang, menandakan didalamnya terdapat soal
- Buat balok tersebut dalam beberapa jumlah
Gambar tumbuhan dan binatang
Tidak ada komentar:
Posting Komentar