Sabtu, 25 Juni 2016

RPP bahasa Indonesia kelas 2 semester 1 (kuis stacko)

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)


Nama Sekolah           : ..............................................
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester          : II/1
Alokasi Waktu           : 2 x 35 menit

I.    Standar Kompetensi   
Menulis permulaan dengan mendeskripsikan benda disekitar

II.   Kompetensi Dasar
Mendeskripsikan tumbuhan/binatang disekitar secara sederhana dengan bahasa tulis

III.    Indikator

  • Menuliskan nama – nama tumbuhan atau binatang yang ditentukan
  • Menuliskan ciri – ciri tumbuhan atau binatang tertentu

IV.     Materi Pokok
Gambar tumbuhan atau binatang

V.    Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat menuliskan nama – nama tumbuhan atau binatang yang ditentukan
  • Siswa dapat menuliskan ciri – ciri tumbuhan atau binatang tertentu

VI.  Metode Pembelajaran
Ceramah, penugasan, diskusi kelompok

VII. Media Pembelajaran
Gambar, balok – balok yang terbuat dari karton (stacko)

VIII. Langkah - langkah Pembelajaran
Kegiatan awal
  • Guru datang tepat waktu dan membuka pelajaran dengan mengucap salam
  • Ketua kelas memimpin doa sesuai dengan kepercayaan masing – masing
  • Guru mengisi daftar hadir (absensi)
  • Guru memberikan motivasi dan menjelaskan materi yang akan dipelajari
  • Guru memberitahu bahwa hari ini akan dibentuk kelompok diskusi (setiap satu kelompok terdiri dari tujuh siswa)
  • Guru menginformasikan materi pembelajaran hari ini 
Kegiatan Inti
  1.    Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi :
  • Guru memperlihatkan gambar – gambar tumbuhan dan binatang kepada siswa
  • Guru menyebutkan nama tumbuhan dan binatang tersebut
  • Guru menjelaskan ciri – ciri pada tumbuhan dan binatang tersebut
    2.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi :
  • Siswa secara berkelompok mendiskusikan tumbuhan dan binatang tertentu
  • Siswa menuliskan hasil diskusi bersama kelompok
  • Siswa menyebutkan nama tumbuhan dan binatang tertentu di depan kelas
  • Siswa menjelaskan ciri – ciri tumbuhan dan binatang tertentu di depan kelas
   3.  Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi :
  • Guru bertanya jawab tentang hal – hal yang belum diketahui siswa
     Kegiatan Penutup
  • Siswa mengerjakan soal yang ada di buku pendamping
  • Siswa berdoa untuk mengakhiri pelajaran

IX.   Sumber Pembelajaran
Nuraini, Umri dan Indriyani. 2008. Bahasa Indonesia Kelas 2. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional. Hlm. 19

X.    Penilaian


Teknik penilaian
Bentuk instrumen
Instrumen (soal dan kunci jawaban)

Tertulis

Uraian

Isian singkat :  

  1. Aku adalah bunga yang memiliki duri. Biasanya  aku dijadikan tanaman hias. Aku adalah ... Jawaban : bunga mawar
  2. Aku adalah jenis tanaman. Tubuhku tidak tinggi. Jika dimasak, aku menjadi nasi. Aku adalah ... Jawaban : Padi
  3. Aku adalah binatang kecil. Aku hidup berkelompok. Warna tubuhku ada yang merah dan hitam. Aku adalah ... Jawaban : semut
  4. Aku adalah jenis tumbuhan. Hidupku di air. Daunku bundar dan lebar. Aku adalah ... Jawaban : Teratai
  5. Aku adalah binatang ternak. Kakiku berselaput. Kwek .. kwek.. begitu suaraku. Aku adalah ... . Jawaban : bebek
Uraian

  1. Deskripsikan pohon pisang! Jawaban : Aku adalah tumbuhan. Batangku tidak bercabang. Buahku berwarna kuning jika sudah matang
  2. Deskripsikan kura – kura ! Jawaban : Aku memiliki tempurung. Aku berjalan sangat lambat. Aku bisa hidup di darat dan di air
  3. Deskripsikanlah kaktus ! Jawaban : Aku adalah tumbuhan yang memiliki duri. Aku bisa hidup di tempat yang kering. Batangku tebal dan bercabang
  4. Deskripsikanlah kucing ! Jawaban : Aku adalah hewan peliharaan. Ikan makanan kesukaanku. Meong .. meong .. begitulah suaraku
  5. Deskripsikanlah gajah ! Jawaban : Aku memiliki belalai. Badanku besar dan telingaku lebar. Biasanya aku ada di kebun binatang.


Rubrik Penilaian

No.
Kriteria
Skor
1.


2.

Isian singkat :
Benar
Salah
Uraian :
Menyebutkan 3 ciri – ciri/deskripsi atau lebih
Menyebutkan hanya 2 ciri – ciri/deskripsi

2
0


4

2

Lembar Penilaian

No
Nama Siswa
Jumlah Skor
Nilai





Catatan :


Nilai =              Jumlah skor              x 100      
                   Jumlah skor maksimal

   Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) akan diadakan remedial 



                                                 Jakarta, ................................

Mengetahui,
Kepala Sekolah                             Guru Kelas




                                                                                     

NIP :                                            NIP :
                                                                                 



Media Pembelajaran


 Balok stacko
  

Alat dan bahan :

  • Gunting
  • Lem
  • Pensil
  • Penggaris
  • Kertas karton/asturo
  • Kertas HVS

Cara membuat :

  •  Buat jaring – jaring balok ukuran 14 cm x 4 cm pada kertas karton
  •  Gunting jaring – jaring tersebut dan bentuk sehingga menjadi balok
  •  Gambar bintang pada kertas HVS dan tempel pada balok tertentu
  •  Balok yang terdapat gambar bintang, menandakan didalamnya terdapat soal
  •  Buat balok tersebut dalam beberapa jumlah



 Gambar tumbuhan dan binatang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar