RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Sekolah : .......................................................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : V/II
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
I. Standar Kompetensi
2. Menghargai
peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan
kemerdekaan Indonesia
II. Kompetensi Dasar
2.3. Menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
III. Indikator
- Menjelaskan latar belakang Jepang menyerah kepada Sekutu
- Menjelaskan alasan golongan muda menculik Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
- Menyebutkan tokoh dalam memproklamasikan kemerdekaan
- Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
IV. Tujuan
Pembelajaran
- Siswa dapat menjelaskan usaha - usaha persiapan kemerdekaan Indonesia
- Siswa dapat menjelaskan peristiwa yang terjadi pada detik detik proklamasi kemerdekaan Indonesia
- Siswa dapat menunjukkan perilaku cinta tanah air, bertanggung jawab, dan peduli sebagaimana yang ditunjukkan oleh para tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
Karakter siswa yang diharapkan :
- Semangat kebangsaan, cinta tanah air , peduli sosial, mandiri
V. Materi Pokok
Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
Persiapan kemerdekaan Indonesia dan perumusan dasar negara
VI. Metode Pembelajaran
- Ceramah
- Pembelajaran kooperatif (Cooperative Learning)
- Bermain peran (Role Playing)
VII. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pendahuluan
Pertemuan pertama
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu dan membuka pelajaran dengan mengucap salam
- Ketua kelas memimpin doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
- Mengisi daftar hadir (absensi)
- Memberikan motivasi dan menjelaskan tujuan pembelajaran
Kegiatan inti
1. Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi :
- Guru memperlihatkan gambar teks proklamasi kepada peserta didik
- Guru menjelaskan pentingnya usaha dan kerja keras para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
- Guru melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran
- Guru memfasilitasi peserta didik seperti pemutaran film/video untuk memacu rasa ingin tahu peserta didik
2. Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi :
- Peserta didik dibagi dalam beberapa kelompok untuk bermain peran
- Peserta didik mendiskusikan peristiwa apa saja yang terjadi menuju proklamasi kemerdekaan Indonesia
- Peserta didik ditugaskan mengenali tokoh-tokoh yang berperan dalam usaha mempersiapkan kemerdekaan Indonesia
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi :
- Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik
- Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
Kegiatan Penutup
- Menyimpulkan materi yang telah dipelajari
- Mengadakan uji kompetensi (latihan soal)
Pertemuan kedua
Pendahuluan
- Guru datang tepat waktu dan membuka pelajaran dengan mengucap salam
- Ketua kelas memimpin doa sesuai dengan kepercayaan masing-masing
- Mengisi daftar hadir (absensi)
Kegiatan inti
1.
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru :
- Mengingat kembali materi yang sudah dipelajari
- Membantu peserta didik mempersiapkan bermain peran
2.
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi :
- Peserta didik mempersiapkan diri untuk bermain peran
- Peserta didik tampil di depan kelas untuk bermain peran
- Peserta didik menggunakan media pembelajaran yang diberikan untuk bermain peran
- Peserta didik mampu menampilkan dama sesuai teks/naskah dengan baik
3. Konfirmasi
Dalam kegiatan
konfirmasi :
- Guru bertanya jawab tentang peran yang dimainkan oleh peserta didik
- Guru bersama peserta didik menyimpulkan peristiwa yang terjadi menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia
- Guru bersama peserta didik menyimpulkan sikap yang harus diteladani dari para tokoh proklamasi kemerdekaan Indonesia
Kegiatan Penutup
Menyimpulkan materi
yang telah dipelajari
VIII.
Alat dan Sumber Bahan
Alat : naskah drama, laptop, speaker, LCD proyektor dan alat - alat pendukung drama
Sumber :
Alat : naskah drama, laptop, speaker, LCD proyektor dan alat - alat pendukung drama
Sumber :
- Pratama, Hasan dkk. 2014. Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk SD/MI 5b. Jawa Tengah: CV Hasan Pratama
- Dedy, Muji. 2011. Ulangan Yang Sering Keluar: Sukses Nilai 100 kelas 5 SD. Jakarta: Pustaka Widyatama
- https://www.youtube.com/watch?v=4JwruATFkFI (video peristiwa Rengasdengklok)
IX.
Penilaian
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen/ Soal
|
§ Semangat kebangsaan : Cara
berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan
negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
§ Cinta tanah air : Cara berfikir, bersikap, dan berbuat
yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap
bahasa, lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa
§ Gemar membaca: Kebiasaan menyediakan waktu untuk
membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
|
§
Mengetahui latar belakang Jepang menyerah kepada Sekutu
§
Mengetahui alasan golongan muda menculik Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta
§
Mengidentifikasi beberapa tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
§
Menunjukkan sikap menghargai jasa para tokoh dalam mempersiapkan kemerdekaan
|
Tertulis
|
Uraian
|
1.
Di kota manakah Sekutu menjatuhkan bom atom
2.
Dimana Ir. Soekarno dan Drs. Moh Hatta diculik
3.
Siapakah yang menyiapkan tiang bendera dan menjahit bendera merah putih
4.
Sifat apa saja yang harus kita teruskan dari para tokoh dalam
memperjuangkan kemerdekaan Indonesia
Jawaban :
1. Nagasaki
dan Hiroshima
2.
Di Rengasdengklok, tepatnya di rumah Jo Ki Song (warga keturunan
Tionghoa)
3.
Suhud dan Ibu Fatmawati
4. Tanggung
jawab, tidak pantang menyerah, cinta tanah air
|
Format Kriteria
Penilaian
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Kognitif
Afektif
Psikomotorik
|
* Baik
* Cukup
* Kurang
* Baik
* Cukup
* Kurang
* Baik
* Cukup
* Kurang
|
4
3
2
4
3
2
4
3
2
|
Lembar Penilaian
No
|
Nama
|
Kognitif
|
Afektif
|
Psikomotorik
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor
maksimal ) X 100.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian
KKM maka diadakan Remedial.
Jakarta, ...................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran IPS
Tidak ada komentar:
Posting Komentar